Grand Inna Malioboro Hotel , Hotel Paling Strategis di Jogja!




Haiii Jogjaaa... Seneng banget kemarin sempat short trip ke Jogja dalam rangka nganterin Pak Su meeting di salah satu hotel di sana, tepatnya di Hotel Inna Malioboro. Excited banget mau ngreview hotel yang satu ini, hotel yang memiliki banyak cerita dibalik perjuangan Indonesia dalam melawan penjajah saat itu..

Hotel ini adalah salah satu hotel BUMN yang sudah sangat lama berdiri. Dibangun pada tahun 1908 dan beroperasi pertama kali dengan nama Grand Hotel De Djokdja (1911), hotel ini telah bertransformasi menjadi Grand Inna Malioboro dengan melalui beberapa kali pemugaran (renovasi) tanpa mengubah beberapa bagian hotel yang telah dijadikan sebagai bangunan cagar budaya.

Yang membuat hotel ini benar-benar menjadi hotel yang paling strategis (menurut saya) adalah karena hotel ini berada di pusat kota Yogyakarta, pusat wisata, pusat bisnis,pusat kuliner, dan pusat perbelanjaan yang menjadi tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Kota Budaya ini. Lokasi Hotel Inna ini berada di 0 meter jalan Malioboro. Bayangkan aja moms, hanya selangkah saja dari gerbang hotel kita langsung berada di kawasan perbelanjaan malioboro, pasar Bringharjo, Malioboro Mall. dan  Stasiun Tugu.

Memasuki area lobby yang sangat luas, terlihat berbagai hiasan dan furniture antik, juga alat musik tradisional Jawa  yang biasa dimainkan setiap hari Rabu ke empat setiap bulannya, dan permainan gamelan setiap harinya. Tetapi pas saya kesana ga ada alat musik yang dimainin,hehehe..

Oh ya, di bagian tengah ruangan berjejer beberapa sofa yang sangat nyaman untuk tamu-tamu yang datang atau hanya sekedar duduk santai melepas lelah. Si bumblebee kemarin bo2k pules di sofa kira-kira 2 jam an sambil menunggu Pak Su selesai meeting,hahaha... Kok ngga langsung check ini aja kenapa? karena belum dapat ijin dari Pak Su buat nginep disini, sempet kita debat sebentar masalah tempat dimana kita bakal nginep, Pak Su maunya nginep di butik hotel yang lebih baru, dia ogah nginep di hotel yang aga lama, ga suka bau nya katanya,wkwkwk.. Lha emaknya anak-anak ini ngga mau ribet, meetingnya disini, tempatnya juga strategis, kenapa ngga stay disini aja.. udah tau jogja kalo weekend gini pasti macett, apalagi daerah pusat wisata. 😪 Akhirnya setelah lama nunggu, Pak Su akhirnya mau juga stay disini.



area tengah lobby








Selesai meeting sekitar jam 2 siang,dan langsung urus check in, masuk kamar, taruh barang, bersih-bersih badan sebentar dan langsung keluar lagi dongs kita,hahaha... ga mau menyia-nyiakan kesempatan jalan-jalan, mengingat malam hari banyak banget kuliner yang mulai buka... Cuss jalannn gaess.. 🏃‍♂️🏃‍♂️


depan hotel Inna saat malam hari




ROOM

Hotel Inna Malioboro memiliki kurang lebih 227 kamar, yang terbagi atas beberapa klasifikasi mulai Superior Room, Deluxe Room, Junior Suite, Executive Suite, dan Sudirman Suite (paling mahal !)

Beruntung kami mendapat kamar yang terletak di lantai 7 yang baru saja di renovasi. Alhamdulillah mendapat upgrade kamar dari deluxe room, ke suite room yang guedenya minta ampun sampai bisa buat main futsal . Terbagi atas beberapa ruangan : ruang keluarga, ruang makan, dan kamar utama. Kalau ditambah kitchen appliance malah lebih mantep nih moms.. wkwkwkwk 😁

Lengkap dengan table setting yang sederhana, mulai dari dinner plate, dessert/appetizer plate, soup plate, butter spreader, dinner knife,  water goblet , cangkir, and any other spoon (many!) Bisa dilihat dibawah ya moms untuk penampakannya 😊.
Konsep design ruangan modern minimalis dengan sentuhan hiasan-hiasan dinding yang mengusung tema budaya.

Selain mendapat compliment 4 air mineral beserta kopi dan teman-temannya, kami juga mendapat compliment tambahan berupa 2 klethikan / snack dan 2 softdrink.




















Saya kurang suka dengan kamar mandi yang ada di kamar ini. Konsepnya ngga jelas. Bathup ada, tetapi tidak ada penutup / pembatas kaca antara bathup, kloset, dan bilik shower. Sangat sederhana sekali, berbanding terbalik dengan design kamar utama dan ruang keluarga. Sayang kami lupa untuk mendokumentasikannya. Selebihnya dari itu semua baik sekali. Toiletries, sanitasi, bath equipment, dan amenities lengkap. Air panas berfungsi dengan baik.

Fasilitas

Sedikit berbeda dengan hotel di kota besar lainnya, disini untuk fasilitas rekreasi keluarga sangat terbatas. Hotel inna hanya memiliki 1 kolam renang dewasa dan 1 area untuk anak-anak, tidak ada gym, playground, atau fasilitas olahraga lainnya. Mungkin menyesuaikan juga dengan pengunjung yang datang mayoritas adalah wisatawan yang banyak menghabiskan waktunya untuk berkeliling di luar hotel. 

Sebaliknya, hotel ini menyediakan 4 restoran (2 diantaranya untuk event), 1 tempat karaoke, 2 coffe shop, dan 1 lounge dengan berbagai gaya masakan untuk memanjakan tamu-tamu yang ingin melepas lelah. 


Ada Malioboro Coffe Shop yang buka 24 jam yang biasanya juga dijadikan tempat sarapan, juga Kopi Arang Malioboro yang terletak di sebelah Malioboro Coffe Shop. Cafe yang khusus menawarkan kopi arang yang merupakan kopi khas Jogja. Cafe ini buka mulai pukul 11 siang sampai pukul 12 malam. 
Mataram Lounge, juga satu area dengan 2 coffe shop tadi, lounge ini ada di dekat lobby paling ujung, menyediakan berbagai jajanan tradisional. Lounge ini hanya buka selama 2 jam saja, mulai pukul 10 pagi, hingga 12 siang. 


Sarapan

Menu sarapan sangat banyak, enakk, lengkap! Yang sudah pasti ada adalah menu tradisional Jawa, mulai gudeg, selat solo, dan steak jawa yang konon katanya menu favorit Jendral Sudirman kala itu. Top!
Restoran cukup luas untuk tamu sarapan, ada indoor juga outdoor. Staf juga baik, tanggap, dan ramah
 😊 






Ohya, karena waktu itu pas hari sabtu, saat malam hari di bagian luar hotel, tepatnya di gerbang pintu masuk, ada semacam pasar malam gitu, jadi tamu baik dari luar hotel maupun tamu hotel bisa menikmati hidangan-hidangan yang disajikan Hotel Inna sambil duduk manis menikmati udara malam sembari menikmati pemandangan malioboro malam hari. Tentu saja berbayar ya moms... 
😁 , siapa yang baca ini sambil senyum-senyum bayangin hilir mudik nya orang-orang yang ada di Jalan Malioboro hayoo? hihihi.. Jogja tuh emang ngangenin ya moms, ga pernah bosen untuk main kesana walau hanya sekedar staycation.. selalu ada yang berbeda disetiap pengalaman di masing-masing perjalanan. Dannn...akhirnyaa..
Selamat merindukan Jogjakarta  🤗🤗


GRAND INNA MALIOBORO Hotel Convention & Business

Alamat : Jl. Malioboro No. 60 Suryatmajan Danurejan Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
 +62 274 566322
 +62 811 283 7799
 reservation@grandinnamalioboro.com
Rate : 600.000 - 10.000.000
Lokasi : 👍👍👍👍👍 (5)
Pelayanan : 👍👍👍👍👍 (5)
Fasilitas : 👍👍👍👍 (4)
Makanan : 👍👍👍👍👍 (5)
Facade/Arsitektur Bangunan : 👍👍👍👍 (4)
Value for money : 👍👍👍👍 (4)





Comments

  1. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment