Weekend di Shangri La Hotel Surabaya





SHANGRI-LA.... yang ada di pikiran saya saat mendengar salah satu nama hotel bintang lima terbaik di Surabaya itu adalah... MEWAH!! Bagaimana tidak, dilihat dari luar saja bangunan tinggi megah yang didominasi oleh warna gold sudah terlihat elegan. 
Dulu saat masih kuliah, setiap berada di Surabaya dan melewati hotel ini, dalam hati hanya bisa mengagumi ke-megah-annya 😊. Alhamdulillah beberapa waktu lalu, di weekend yang cerah, Pak Su tiba-tiba mendadak harus meninggalkan istri dan anak-anak untuk sebuah pekerjaan dengan memberi ganti staycation di hotel bintang 5 (enak ga enak sih jadinya....😔). Its ok, life must go on, bagaimanapun nanti rejeki nya juga bakal lari ke istri sama anak-anak juga, amiiiiiiiiiiiiiiinnnnn...... 🤲🙏.

        Waktu itu pilihannya antara Sheraton, Shangri-La, dan Ciputra World Hotel. Akhirnya diputuskan untuk kita staycation di Shangri-La karena memang belum pernah kita sama sekali masuk bahkan hanya untuk membeli paket lunch atau dinner. 😪 Karena Pak Su ngga ada, jadinya kali ini saya staycation bareng mamah (mertua) dan anak-anak saja. 😊

     Oke, perjalanan dimulai dari tempat mama di rungkut yang ada di Surabaya Timur menuju Shangri-La Hotel and Resort yang ada di Surabaya Barat.  Perjalanan memakan waktu kurang lebih 30 menit melewati tol dalam kota. Karena waktu sudah menjelang sore, kami bergegas menuju resepsionis untuk melakukan check in tanpa berkeliling terlebih dahulu. Tidak lupa, deposit sejumlah 700 ribu harus diserahkan di awal saat kita mendapatkan kunci yang nanti akan dikembalikan saat kita check out (kalau kita ga jajan di dalam hotel yah moms.. 🤭).  
Kalau saat check in kita tidak siap uang tunai, di hotel ini bisa menggunakan kartu debit maupun kredit, sangat fleksibel. Setau saya ada beberapa hotel bintang 5 yang hanya mau menerima uang tunai untuk deposit fee, jadi saat kita tidak sedia cash, kita harus lari dulu ke ATM untuk ambil uang (#pengalaman pribadi#), jadi ya aga ribet gitu. Alhamdulillah kemarin proses check in disini cepat, mudah, dan tanpa ada kendala.






LOBBY

      Tepatnya main lobby+lounge, adalah satu area. Kesan pertama saat memasuki bagian dalam hotel adalah BINGUNG!hahahaha..... 🤣 Jujur saya bingung saat pertama kali masuk, tengok kanan tengok kiri cari resepsionis kok engga kelihatan sama sekali. Mau nanya satpam, tengsin ah... 🤣 Ternyata resepsionis ada di posisi agak menjorok ke dalam. Dari pintu masuk belok kiri, jalan agak masuk ke arah restoran, baru deh kelihatan si mbak-mbaknya. 


Nah, coba anda cari dimana mbak2 resepsionis menanti kita 🤣


ROOM

        Masuk kamar deluxe,  tentu saja dengan design klasik dan mewah, semua decoration dan furniture baguus, muluus, kinclong. Untuk standard room (room dengan rate paling bawah) hotel bintang 5, hanya 35 m2, kamar ini termasuk kategori tidak terlalu luas, ditambah lagi dengan beberapa furniture yang lumayan banyak mengisi ruangan. Mulai dari bed utama, sofa bed, table corner, main table, kursi kerja, dan unit kabinet untuk penempatan mini bar.  
Yang agak menganggu adalah penempatan main table (meja bundar) yang berada di tengah jalan pas di tikungan #halah.... . Jadi sebenarnya meja ini ada di sebelah TV, yang mana di sebelah TV itu sudah ada unit kabinet set, dan karena mejanya gede, jadi bundernya itu ganggu jalanan arah jendela. Seandainya ga ada meja bunder itu, mungkin kamar ini terasa jauh lebih  lapang. Well, not a big deal sih...., kami masih bisa menikmati suasana yang berbeda dari hari-hari biasa dengan duduk santai di sofa bed memandangi sisi luar hotel dan pemandangan kota melalui jendela guedeee yang ada di kamar, masha Allahh, alhamdulillah..... nikmat Allah yang luar biasa telah memberikan kesempatan untuk kami tinggal sesaat di hotel paling megah di Surabaya. 🤗🤗
     Bathroom amenities sangat lengkap, packaging mewah, rapi, bagus, bersih banget.. karena kamar deluxe, jadi tidak ada bathup disini, hanya standing shower dan closet dengan konsep yang teteuppp, elegan dengan hiasan2 yang senada dengan kamar utama serta lighting yang teraang benderang, suka!!! 







mini bar cabinet, bentuknya unik, lucu! 

salah satu interior di kamar mandi yang bikin kesan mewah!

meja utama yang lumayan gede dengan posisi yang nanggung 😁

sofa bed, favorit mamah saat ada di kamar

sisi luar bagian depan hotel


pemandangan kota dari kamar kami


nah, kelihatan si meja yang posisinya agak gimana gitu wkwkwk



toiletries yang sangat rapi



     Kami sempat mencoba room dining untuk makan malam. Awalnya kami ingin jalan-jalan keluar hotel sembari mencari makan malam, tetapi mengingat ini weekend, dan jalanan Mayjen Sungkono (depan hotel) sudah pasti macettt, akhirnya kita putuskan untuk stay in aja di hotel sekalian coba beberapa menu makanan. Waktu itu mama pesan soto ayam, si kakak mie goreng, dan seperti biasa, saya pesan nasi hainan 😊. Penampilannya lumayan. Untuk rasanya, menu Nasi Hainan rasanya lazizzzz polllllll 😍😍👍, super enakk! Kalau soto dan mie gorengnya enak yang biasa saja. Enak, tetapi masih ada rumah makan yang punya taste lebih enak dari ini.. Begitulah kira-kira.😁



penampilan menu makan malam kami di kamar

         Ohya moms, ada kejadian yang menegangkan saat saya staycation di sini beberapa waktu lalu. Persis di jam 00.00 dini hari, kepala saya tiba-tiba pusing yang teramat sakit. Sebenarnya rasa pusing ini udah sedikit terasa sejak siang, karena terlalu semangat jadi emang ga terlalu dirasakan, wess...anggap saja karena terlambat makan. Makin malam semakin terasa sakit, makin tidak terkontrol, dan menyerahh di jam 00.00. Akhirnya saya  meminta obat di klinik hotel melalui room service. 
        Menunggu lama sampai 30 menit obat ga kunjung datang. Saya telepon lagi, lagi-lagi saya disuruh menunggu, dan seterusnya.. Karena emosi, kepala juga seperti mau pecah, akhirnya saya komplain sambil sedikit emosi ke pihak hotel. Beberapa waktu kemudian, alangkah kagetnya saya.. ada mas perawat datang dengan di dampingi 2 security yang penampilannya mirip paspampres 😁,  dan 1 manager hotel (sepertinya). Setelah meminta maaf karena menunggu lama dan dijelaskan panjang lebar kenapa terjadi seperti itu, ternyataaa...klinik hotel tidak bisa sembarangan memberikan obat begitu saja kepada tamu tanpa ada surat dokter, itu kenapa obat yang saya minta ga juga dikirim ke kamar, itu karena mas-mas perawat masih konsultasi dengan dokter yang bertanggungjawab untuk menerbitkan resep. Pihak hotel harus memastikan bahwa obat yang diberikan benar dan tidak memberi dampak lain selain meredakan sakit yang dialami pasien. Pengalaman yang tak terlupakan!!  Aduh, salting deh saya, ngrasa jadi kaya anak sultannn, diperiksa perawat sambil dikawal paspampers..😂 (padahal cuma pusing doang!) ,wkwkwkw...


BREAKFAST

       Breakfast ada di Jamoo Restaurant, dari lobby turun lagi satu lantai, berdampingan dengan kolam renang dan playground.  Memasuki restoran kami langsung disambut hangat oleh staff hotel.. Sangat ramah, sangat hormat, sangat sopan.

     Menu sangat amat super lengkap, variatif, buanyak, dan enak!! Staff yang ada di sini semua sangat humble, caring, dan tanggap.. Sempat si kakak rewel, makan ini itu ga mau, dan langsung aja ada mbak-mbak yang datang memberi tawaran apakah mau dibuatkan hot chocolate untuk kakak..   Ah absolutely YES, emak nya juga mau,hahahha... Meleleh deh hati saya kaya chocolate panas waktu itu.    Pelayanan-pelayanan yang seperti ini lo yang ga kita dapat di hotel-hotel biasa.. Bahkan di hotel bintang 5 lainnya tidak semua memiliki pelayanan staff yang seperti ini. .. 

      Ohya, sekedar informasi, karena di Jamoo Restaurant suhu AC sangat dingin yang bagi saya terlalu dingin sehingga membuat saya dan anak-anak tidak nyaman untuk berlama-lama didalam, maka lebih baik momies memilih meja yang ada diluar ruangan saja moms. Selain lebih hangat, buibu bisa sarapan sambil menunggu anak-anak bermain di playground ataupun berenang. Bisa memiliki waktu lebih banyak saat menikmati breakfast di Jamoo. Mengingat menu nya juga sangat banyak, jadi bisa santuuuuy kaya di pantuuuy saat breakfast, ho ho ho.. 


Jamoo Reastaurant


restaurant ada 1 lantai di bawah lobby



Di satu lantai dengan Jamoo Restaurant, terdapat pula 3 restaurant lain dengan cita rasa yang berbeda-beda. Ada Shang Palace untuk menu chinese food, Nishimura Restaurant untuk restoran Jepang (buka pukul 18.00), dan Sapore Osteria khusus untuk Italian Dishes. Ohya moms, ada baiknya untuk kita yang muslim, saat ingin mencoba menu-menu selain yang ada di Jamoo Restaurant, tanyakan terlebih dahulu untuk menu halal nya ya moms.. 😉 

FASILITAS

        Fasilitas tentu saja lengkap ya moms. Kolam renang terdiri dari 3 bagian, kolam khusus orang dewasa, kolam prosotan, dan kolam khusus balita (kolam dangkal), dikelilingi oleh taman tropis yang membuat suasana adem dan tenang.. Nah, agak masuk ke dalam taman, ada playground outdoor yang tersembunyi, hahhaha.. soalnya tempatnya nyempil banget moms, ngga begitu terlihat. 

      Si kakak udah nyobain prosotannya dan nyebur berulang kali, sukaa banget dia.. kalau si bumblebee sebenernya minta nyebur juga, cm karena waktu itu di kolam balita juga ada anak - anak yang nyebur yang sayangnya ternyata dia (sepertinya) lg sakit ( batuk dan bersin-bersin sambil ingusan di kolam ) dan dibiarin gt aja sama emak bapaknya, jadi saya nya ga tega mau nyeburin si bumblebee.. jadi kita ajak dia main di playground aja,hehehehehe....









     Well.. berenang udah, main di playground udah, cobain makanan-makanan hotel juga udah, sekarang waktunya kita persiapan untuk check out dan ketemu bapaknya anak-anak yang baru balik dari tugas negara (halah... ). 

    Satu hari staycation disini, bisa dibilang hotel ini memiliki pelayanan bintang 5 terbaik yang pernah ada! Ya,  sesuai dengan rate yang standard (bintang 5) , seharusnya fasilitas, pelayanan staff, kualitas makanan, kebersihan kamar, kualitas furniture, kualitas kamar, sanitasi, dan semua yang ada di segala penjuru hotel memang harus diperhatikan...Shangri La Hotel Surabaya has No DEFECT! Perfect di semua aspek! Ohya, untuk hari-hari tertentu, di Kids Corner akan diadakan banyak kegiatan yang bisa diikuti anak-anak moms.. biasanya di hari Minggu, Hallowen, Natal, dan hari libur lainnya. Mulai aktivitas fun cooking class (seperti menghias cupcake), face painting, berkreasi dengan origami, mewarnai dan kegiatan menarik lainnya yang disesuaikan dengan event yang sedang berlangsung.

Nahh.. Udah siap melepas penat di akhir minggu ini buibu..?? Jangan lupa bahagia, Happy Weekend, Happy Staycation !! ^_^ /


Alamat : Jl. Mayjen Sungkono No.120, Pakis, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60256

Telp        : (031) 60038888

Rate : 1.500.000 - 6.000.000
Lokasi : 👍👍👍👍👍
Pelayanan : 👍👍👍👍👍
Fasilitas : 👍👍👍👍👍
Makanan : 👍👍👍👍👍
Facade/Arsitektur Bangunan : 👍👍👍👍👍
Value for money : 👍👍👍👍👍




Comments