Yang harus diperhatian saat menginap di Hotel bintang 5? #bag 1

Saat liburan, berbagai tempat wisata baik di dalam kota maupun diluar kota, di dalam negeri bahkan diluar negeri sudah biasa menjadi tujuan utama banyak wisatawan. Nah, tempat, kalau sudah jadi tujuan wisata sejuta umat, udah pasti lokasinya padat pengunjung ya moms.. Bukannya bisa have fun, justru malah bisa bikin hari-hari liburan kita not in a good mood. Oleh karena itu ada kalanya beberapa orang memilih liburan dengan kegiatan yang berbeda. Salah satunya adalah dengan menikmati staycation di hotel mewah yang mempunyai fasilitas yang ga biasa kita temui di hotel biasa.. Misalnya Boutique Hotel, Resort Hotel, atau Villa.. Biasanya saat pertama kali luxcation,  melihat pelayanan yang ga biasa , terkadang kita suka canggung atau salting, ya ga ?? ( jadi inget jaman baheula... 😁),  Apalagi si mbak atau mas reseption nanya-nanya pake bahasa-bahasa perhotelan yang kita ga pernah denger sebelumnya.. Tambah pusing khaannn, wkwkwkwk.. Sekarang ga usa pusing lagi moms.. yok kita bahas satu-satu 😎


1. Security Checking Point
    Sebelum memasuki lobby, di kebanyakan hotel bintang 5, terdapat security checking point, yaitu tempat pemeriksaan keamanan bagi tamu atau pengunjung hotel lainnya yang akan masuk ke dalam hotel. Penampakannya adalah seperti pintu kemana saja si doraemon dimana pintu tersebut dilengkapi dengan detektor logam. Yang harus dilepas saat melewati pintu ini seperti mantel, jaket tebal, ikat pinggang (dan accesories yang mengandung unsur logam lainnya) serta handphone untuk diletakkan di wadah terpisah, yang akan diperiksa melalui mesin X-Ray. Pasti udah pada tau ya moms.. ^_^

WTMD (Walk Through Metal Detector) & X-Ray Conveyor Belt

2. Concierge
     Di area lobby hotel bintang 5 , momies akan melihat deretan meja-meja yang siap menyambut tamu. Salah satunya adalah meja concierge. Untuk yang belum tau betul concierge ini untuk apa sih. Jadi concierge ini bukan hanya untuk kita nitip tas sebelum kita mendapat kunci kamar, tetapi concierge ini sebetulnya adalah pusat pelayanan, pertanyaan, fasilitas untuk tamu hotel. Mulai dari menyambut tamu, membantu proses check in, membantu pemesanan tiket pesawat, rent car, bahkan rekomendasi-rekomendasi tempat wisata atau atraksi yang bisa dikunjungi oleh tamu hotel mereka. Dan yang suka online order makanan, nah, concierge ini adalah salah satu penyambung lidah atau perantara antara tamu hotel dan segala hal yang datang dari luar hotel. Concierge yang seperti ini memang hanya bisa kita lihat di hotel bintang 5 moms. Jadi jangan kaget saat kita tiba di hotel, akan ada staff di sekitar pintu lobby yang akan menyambut kita dengan berbagai macam sapaan, bantuan, dan lain nya.. Kaya sultan yah kita 😁💃💃

3. Deposit
    Saat check in di hotel bintang 5, biasanya momies diminta untuk memberikan uang deposit sekitar 500ribu - 900ribu bisa cash, debit card, atau credit card. Uang deposit ini diminta sebagai jaminan yang akan dikembalikan jika tidak ada barang-barang hotel yang rusak atau tidak ada pembelanjaan dalam kamar. Untuk momies yang akan staycation di hotel bintang 5 untuk pertama kali, agar tau berapa jumlah deposit yang harus diberikan, momies bisa menyiapkan 50% dari tarif kamar semalamnya, inshaa Allah cukup, hi hi..

4. Early Check-in
    Early check in adalah waktu check in dibawah jadwal yang telah ditetapkan pihak hotel. Rata-rata, jadwal check in hotel adalah jam 12.00 - 14.00. Jika di hari kita menginap kondisi hotel sedang sepi,atau saat low season, tidak menutup kemungkinan untuk kita bisa mendapatkan early check in jauh sebelum jadwal check in tiba. Saya beberapa kali dapat kesempatan early check in di jam 07.30 (pagiii lo iniiii!!!), dan di jam 10.00 (masi pagiii jugaa...!),ha ha ha... hepiii banget ga sii 💃💃💃😂 . Jadi kalau momies tiba di kota tujuan masih dibawah jam 10 pagi , coba deh momies dateng aja, proses check in aja dulu, jangan takut ga dibolehin masuk, momies walau dateng jam 7 pagipun ga akan disuruh pergi kok,hihihi.. Saat proses check in, momies bilang aja mau nitip tas dulu, lalu momies tinggal pergi aja keliling hotel, atau ditunggu di lounge... Seringnya, mereka akan memberikan akses kamar dibawah jam check in. Pengalaman saya paling siang saya dapet kunci di hotel bintang 5 itu jam 11 siang moms..

5. Lounge
    Lounge adalah tempat yang disediakan hotel untuk para tamu yang ingin bersantai menikmati live music sembari bercengkrama dengan relasi atau keluarga. Lounge itu seperti kafe moms, tetapi konsep nya lebih elegan. Karena di hotel bintang 5, maka harga yang dibebankan lumayan pricey ya moms.. sekali nongkrong bareng keluarga, kita bisa keluar uang minimal 400.000. Jadi momies harus pinter ngatur menu yang mau dipesan sembari nunggu akses kamar diberikan supaya tetap bisa #sedikit# berhemat.. 😁

source Shangri La Hotel Lounge

6. Oshibori
    Oshibori adalah handuk panas yang diberikan saat pertama kali tamu tiba. Biasanya oshibori ini diberikan oleh resort-resort bintang 5 yang ada di dataran tinggi atau di daerah dingin. Tapi jangan salah ya mommss.. handuk ini jangan dipakai untuk bersihin muka!!! Bakal ke nyosss nanti muka kita ha ha ha ha... Oshibori cukup dipakai untuk bersihin tangan atau menghangatkan sekitaran tangan saja moms..


oshibori source by google 

7. Welcome Drink
    Welcome drink, minuman gratis untuk kita para tamu hotel saat pertama kali tiba di hotel. Ga usa kuatir moms, ga bakal di charge di belakang kok, benar-benar free alias gratis,he he..

8. Handuk
    Towel alias handuk. Handuk di hotel bintang 5 buanyak banget macemnya moms. Mulai ukuran yang paling kecil, sampai yang super lebar. Yang paling kecil, bentuknya kecil seperti sapu tangan, adalah handuk untuk wajah (face towel). Ukuran besar kedua adalah hand towel (handuk untuk tangan), bentuknya persegi panjang agak ramping. Besar ketiga adalah bath towel, handuk mandi, besar sedang ini bisa dipakai untuk mandi atau untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Yang ke empat ada Bath Sheet, ukuran handuknya guede, lebarr, bisa menutup dari dada hingga bawah lutut (yang ini khusus untuk tinggi badan 160 cm moms,wkwkwk..) , yang terakhir bath mat (keset). Bentuknya agak square gitu, kecil dan tebal. Pokoknya seukuran keset dan tebel berarti itu bath mat moms.. jangan sampai salah yaa...

9. Bath Robes
    Di dalam lemari gantung, biasanya tersedia pajamas / kimono yang berbahan handuk. Ini dipakai saat mau atau setelah mandi moms. Jangan dibawa ke kolam renang ya moms.. Kalau mau berenang, nanti minta handuk dari kolam saja.. karena bath robes ini khusus dipakai di dalam kamar saja moms. 😉
bath robes source by google


10. Mini Bar
      Satu set snack dan softdrink yang ada didalam kamar. Biasanya mini bar ini berbayar ya moms, kecuali ada tag complement didalamnya. Perbandingan harganya bisa terpaut jauh dengan minimarket. Harganya suka ga masuk akal moms. Jadi lebih baik momies berbelanja di minimarket untuk stock snakcing di kamar,dan mini barnya cukup dibuat pajangan aja,hehehehe..

11. Complimentary
      Di beberapa tipe kamar, biasanya ada mini bar yang diberi keterangan compliment dan ada yang tidak. Jika di mini bar ada tag compliment, maka segala macam snack dan minuman yang ada di kamar adalah free, gratis. Tetapi jika tidak ada tag complimet, momies harus membayar untuk beberapa snack atau softdrink yang momies ambil.

contoh free mini bar dengan tag compliment source by tispanitis

free minibar



12. In Room Dining
      in room dining adalah istilah untuk pesanan makanan atau minuman yang dinikmati di dalam kamar.

13.  Cocktail dan Mocktail
       Cocktail adalah minuman rasa buah yang dicampur alkohol, sedangkan mocktail adalah minuman rasa buah tanpa ada campuran alkohol. Jadi untuk kita yang muslim harus berhati-hati jika ingin memesan minuman di lounge, kafe, atau menu kamar hotel ya moms, jangan sampai keliru.. 😊

14. Brunch
      Brunch adalah singkatan dari breakfast dan lunch. Yaitu waktu diantara jam sarapan dan jam makan siang untuk menikmati beberapa kudapan. Biasanya di hotel berbintang mempunyai paket brunch tersendiri yang biasanya bisa dinikmati di Lounge sambil menikmati live music yang disuguhkan.

15. Shuttle service
      Fasilitas transportasi yang disediakan hotel untuk tamu yang ingin bepergian ke beberapa destinasi wisata atau trademark di daerah tersebut. Jika momies ingin menggunakan jasa ini, ada baiknya momies menanyakan jadwal keberangkatan shuttle service di awal saat tiba di hotel supaya bisa memperkirakan waktu persiapan yang dibutuhkan.

Masih banyak lagi istilah-istilah yang perlu kita ketahui moms, nanti kita lanjutkan di #bag 2 yaa..

Comments