Yang harus diperhatian saat menginap di Hotel mewah? #bag 2

Haii moms.. bagaimana kabar semua?? akhirnya ketemu lagii kitaa...
Setelah kemarin sempet bahas apa saja istilah-istilah atau bahasa perhotelan yang sering kita jumpai, sekarang kita lanjut bahas beberapa istilah lainnya, yang sering kita dengar dan sering muncul saat kita melakukan reservasi di travel agent online seperti traveloka, booking, agoda, dan lainnya. Yuk ah, ga pakai lama, kita mulai !

16. Pool Side, Pool View, City View
    adalah beberapa pilihan kamar hotel berbintang, terlebih lagi untuk hotel bintang 5 dengan pemandangan yang berbeda-beda. Nah, biasanya rate / harga kamar yang berada persis di tepi kolam renang , atau yang biasa disebut pool side lebih mahal dibandingkan dengan tarif kamar yang berada di lantai atas dengan pemandangan kota atau yang biasa disebut city view , juga pemandangan kolam atau pool view.

17. Double bed, Twin Bed, King Size, Queen size
      Moms, double bed adalah sebutan untuk satu bed berukuran besar yang biasanya berukuran 180x200 atau 200x200. Sedangkan twin bed, adalah kamar yang dilengkapi dengan 2 buah kasur yang berukuran kecil, yang masing-masing bednya hanya bisa muat untuk 1 orang saja. Kalau di hotel biasa, size twin bed nya kecil, antara 90x200 dan 100x200, sedangkan di hotel bintang 5  masing-masing ukuran twin bednya berbeda-beda. Ada yang berukuran 120x200, ada yang 140x200,bahkan ada pula yang menyediakan size twin bed 160x200. Nanti saat proses reservasi, momies bisa request ke bagian resepsionis, mau kamar dengan double bed atau kamar dengan twin bed.

18. Bellboy dan Tips Bellboy
    Bellboy adalah petugas hotel yang bertugas untuk menyambut dan membantu membawa barang yang dibawa oleh tamu. Nah,saat kita menginap di hotel bintang 5,momies akan menjumpai petugas bellboy yang selalu sigap saat tamu datang untuk segera menyiapkan troli dan membawa semua barang bawaan tamu. Karena terkadang barang bawaan kita suka ga keitung jumlahnya, banyakkk yaaah.. kita bisa memberi tambahan uang tips juga mom 😊

19. Pakaian yang Rapi dan Bersih
      Bukan berarti harus mahal atau High Brand, tetapi cukup berpenampilan rapi dan bersih saat kita beraktivitas di lingkungan hotel ya moms.. Karena, di hotel bintang 5 , sebenarnya tanpa kita sadari, kita telah diperhatikan sejak pertama kali tiba.

20. Dont Disturb Tag
      Di setiap gagang pintu hotel selalu ada gantungan yang bertuliskan "do not disturb" yang berarti jangan diganggu. Moms, jangan lupa selalu gantungkan tag ini di pintu kamar bagian luar ya moms.. Tips dari saya, mau ada orang atau ga ada orang di kamar, mau di hotel berbintang ataupun yang biasa, kalau bisa momies gantungin aja tag ini di bagian luar pintu, jaga-jaga supaya staff tidak sembarangan masuk ke dalam kamar tanpa perjanjian terlebih dahulu. Jika kita butuh untuk kamar dibersihkan, momies harus simpan barang-barang yang sifatnya pribadi terlebih dahulu, seperti baju dalam (CD, Bra, kulot, daster) perhiasan, dan kosmetik, simpan semua di dalam tas terlebih dahulu sebelum beraktivitas diluar kamar. Baru kemudian momies lepaskan tag tersebut. dan hubungi bagian housekeeping untuk membersihkan kamar.. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya barang kita hilang dan juga biar kamar saat ditinggal ga jorok-jorok amat moms... 😂

21. Additional Breakfast
      Additional breakfast adalah biaya tambahan yang dikenakan saat sarapan untuk tamu yang membawa anggota lebih dari yang sudah ditetapkan. Untuk hotel bintang 5 dengan direct booking (booking langsung melalui website resminya), biasanya fasilitas breakfastnya adalah untuk 2 orang dewasa dan 2 anak-anak usia dibawah 12 tahun. Untuk tarif sarapan di hotel bintang 5 untuk orang dewasa berkisar antara 160rb - 250rb/orang, dan anak-anak dikenakan setengah dari harga dewasa.

22. Jangan makan sambil berenang
      Moms, sering kita jumpai di beberapa hotel bintang 5, tempat sarapannya dekat dengan kolam renang, atau satu area dengan kolam renang. Ga sedikit  ibu-ibu dan anak-anak yang masih suka bawa piring makan ke pinggir kolam. Well, , kalau ada sisa makanan yang tumpah atau masuk ke dalam kolam gimana hayo... 😁 Mending naik dulu, makan sebentar, pas sudah habis baru nyemplung lagi..  Ikut menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman ya moms 🤭😁

23. Bantal atau Handuk untuk dibawa pulang
     Moms, kalau kita nginep di hotel mewah nih kan biasanya ngrasain, nih bantal enak bangett sihh, ah kimononya lucu banget, handuknya juga lembut banget, ah ni barang ga ada nih di toko, jadi pengen bawa pulang deh rasanya buat souvenir, bisa loh... biasanya bila memang bisa dibawa pulang, di dalam kamar akan tercantum pricelist masing-masing barangnya.


Beberapa istilah yang sering di dengar atau sering dipakai saat di hotel inshaa Allah sudah dijabarkan semua. Semoga bahasan kali ini bisa memberi manfaat yaa.. 🤗
Ohya, jika ada yang lain boleh juga di share disini yaa moms..  Happy Luxcation.. 😃🤩

Comments