#workfromhome COVID-19

Beberapa hari belakangan ini, telah ramai diperbincangkan masalah #work from home dan #social distancing untuk mengantisipasi merebaknya virus corona yang ada di Indonesia. Sedih saat baca kalau di Indonesia telah tercatat sebanyak 31 orang meninggal dunia karena covid-19. (*data kemenkes 19 Maret 2020). Ditambah lagi kabar-kabar bahwa banyak dokter dan perawat yang berguguran saat berjuang untuk kesembuhan penderita-penderita covid19 yang sedang diisolasi di rumah sakit. Hal ini yang membuat hati saya semakin tergerak untuk mendukung kegiatan #dirumahaja #socialdistancing #workfromhome. 

Yuk teman-teman, momies-momies traveller, kali ini kita harus bersama-sama berjuang memutus rantai penularan covid19 di Indonesia. Usahakan, untuk 2-3 bulan ke depan , kita bertahan dulu untuk stay at home. Ngga plesir kemana-mana, kecuali hal pekerjaan yang mengharuskan kita keluar rumah. Untuk beli sesuatu, pakai jasa gojek menjadi alternatif untuk kita meminimalisir bertemu banyak orang diluar sana. Tidak lupa selalu mencuci tangan setelah menerima pesanan dari abang gojek. Kalau perlu kita semprot dulu kreseknya pakai alcohol. (and yes i do it every day ) . 

From now, DO :
1. Stay at home (if possible). Bagi yang ga ada kegiatan selain pekerjaan, plis diem dirumah aja, jangan nge mall dulu, jangan ikut arisan dulu, jangan dateng ke undangan-undangan dulu.
2. Work from home. Buat temen-temen yang pekerjaannya masih memungkinkan untuk dikerjakan dirumah, utamakan kerja dari rumah ya... untuk keamanan anda, juga orang-orang disekitar anda.
3. Physical distancing. Teman-teman atau momies yang mengharuskan untuk keluar rumah, jangan lupa selalu jaga jarak ya. Untuk hal ini sayapun suka lupa kalau udah ketemu customer atau teman. Terbiasa sebagai makhluk social yang baik, saya sering lupa untuk menjaga jarak, khawatir beliau-nya tersinggung. Lupa bahwa sekarang kondisinya telah berbeda yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak. Inget ya moms.... Jaga Jarak!
4. Jangan tempelkan sesuatu atau anggota badan kita yang lain ke muka! karena virus itu ga bakalan masuk kalau cuma ada diluar badan kita. Yang bikin kita ketularan adalah karena virus yang nempel diluafran itu kebawa masuk ke badan lewat lubang-lubang yang ada di tubuh kita. Contoh, lubang hidung (ati-ati yang suka ngupil,wkwkwkk...) , bagian mata, lubang telinga, dan mulut!
5. Minum vitamin dan makan buah-buahan. Usahakan 2 hal ini menjadi santapan utama dalam menu makanan sehari-hari momies ya, karena ga bisa dipungkiri bahwa 2 hal tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Penting untuk kita menjaga asupan gizi, supaya walaupun ada virus, badan kita kuat untuk nglawan. Keep healthy pokonnya, jangan sampai drop!
6. Tidur yang cukup. (7-9 Jam / hari)

DON'T :
1. Kumpul-kumpul di keramaian. (nongkrong di warkop, nge mall, ngafe, ngonser, dan semacamnya), karena kita tidak tahu apakah orang-orang disekitar kita sedang sakit, sedang terinfeksi, ataukah sehat.
2. Hidup jorok. (Jarang mandi, tidak cuci tangan, buang sampah sembarangan). Hal ini banyak mengundang kuman dan bakteri jelek.
3. Hidup tidak sehat. (makan sembarangan, jajan sembarangan, tanpa memperhatikan kehigienisan tempat produksinya)
4. Bekerja terlalu berlebihan. Bagi yang workaholic, agak susah ya. Bisa dicoba dengan mendisiplinkan jam kerja. Tetapkan waktu kerja anda, dan  ikuti sesuai jadwal. Jika sudah sampai di jam akhir pekerjaan, maka berhentilah.. jangan biarkan badan anda terlalu letih, karena jika terlalu letih hal itu akan memberikan kesempatan kepada banyak virus untuk bisa membobol masuk ke dalam tubuh kita. Ibarat imun kita itu pak satpam, kalau terlalu letih si pak satpam ini jadi ketiduran, dan virus bisa begitu saja masuk ke dalam tubuh kita.
5. Jangan menggunakan sabun tangan atau hand sanitizer terlalu berlebihan. Kenapa? karena, penggunaan sabun yang berlebihan justru akan mematikan bakteri baik yang berada di tangan dan anggota tubuh lainnya. 

Nah, ikhtiar lahir dan batin sudah dilakukan, maka tugas kita selanjutnya adalah pasrah atas ketetapan Allah Subhanahuwata'ala. Betul moms? Semoga Allah selalu melindungi kita semua dan semoga wabah ini segera berakhir. Amiiiiin. 

Comments