Perbedaan Hotel bintang 2 sampai bintang 5

Perbedaan Standard Hotel berdasarkan Level Bintangnya

Assalamualaikummm moms.. apa kabar? Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan keselamatan untuk kita semua,amiiinn..
Di akhir tahun 2018 ini saya ingin membahas tentang standard hotel yang banyak dijadikan acuan para Moms untuk memilih penginapan saat liburan. Awal saya juga bingung, apa sih yang membuat hotel ini sebenarnya berbeda dilihat dari standard bintang nya.
Jadi yang paling mudah untuk membedakan antara 4 hotel tersebut adalah :

1. Luas Kamar.

  • Hotel bintang 2 memilik persyaratan dengan luas kamar minimal 22m2 moms. Jadi,kalau hotel yang mencantumkan informasi bahwa luas kamar dibawah 24m2, maka hotel tersebut termasuk hotel bintang 2. Bukan berarti hotel bintang 2 ini jelek, rendahan,atau ga terawat ya moms... Sekarang sudah banyak hotel bintang 2 yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan yang sudah expert dibidangnya, seperti Ibis, Santika, dan 88 yang memiliki standard pelayanan yang berbeda-beda pula. 
  • Hotel bintang 3 memiliki luas kamar minimal 24m2, walau ada beberapa hotel yang mengklaim bintang 3 tetapi realitanya luas kamar hanya 18m2, saat ini banyak juga hotel bintang 3 yang memiliki fasilitas lebih dengan luas kamar rata-rata antara 26m2 - 34m2 (lumayan luas juga yah.. ) , contoh Gajahmada Graha Hotel
  • Hotel bintang 4 juga sama dengan hotel bintang 3, memiliki luas kamar minimal 24m2, tapi sekarang hampir ga ada hotel bintang 4 yang luas kamarnya dibawah 28m2, hampir rata-rata sekitar 32m2 , contoh Verwood Hotel Surabaya , Amarta Hills Hotel and Resort Batu, Golden Tulip Holland Resort 
  • Hotel bintang 5 memiliki luas kamar minimal 26m2, itu minimal ya moms.. Kebanyakan  hotel bintang 5 jaman sekarang pada guede-guede kamarnya, lega banget pokoknya.hehehehe... 

2. Fasilitas tambahan.
  • Di hotel bintang 2 (pelayanan standard ) yang diutamakan adalah fasilitas utama, seperti lobby untuk menerima tamu, sarapan sederhana, bedroom facilities seperti AC, TV, dan telepon yang juga harus tersedia di dalam kamar. Tidak disediakan kolam renang, taman. playground, hall, dan tempat olahraga / gym.
  • Untuk hotel bintang 3 (giving comfort/memberikan kenyamanan), sudah mengharuskan adanya fasilitas pendukung utama seperti kolam renang dan tempat olahraga dengan design yang sederhana.
  • Untuk hotel bintang 4 (memberikan pelayanan first class services), selain fasilitas pendukung utama seperti kolam renang dan gym, ruangan-ruangan yang bisa menjadi tempat rekreasi juga mulai diperhatikan. Pihak hotel harus menyediakan restoran, bar, cafe yang berbeda dari tempat tamu sarapan. Standard makanan dan minuman yang disajikanpun juga sudah mulai menjadi perhatian. Kualitas makanan harus ada di atas rata-rata. 
  • Masuk ke hotel bintang 5 (Giving Luxury) , Semakin kompleks, tidak hanya fasilitas pendukung, di hotel bintang 5 para karyawan juga menjadi pusat perhatian. Mereka harus bisa membuat tamu merasa sangat nyaman dengan segala fasilitas dan pelayanan yang ada di hotel. Iya,tamu hotel bintang 5 diperlakukan bagaikan raja dan ratu. Datang disambut dengan welcome drink, dipersilahkan istirahat sejenak sambil menunggu proses check ini, dll dll. Segala perlengkapan yang digunakan baik di kamar atau diluar kamar harus memiliki kualitas nomor satu, kualitas makanan yang disajikan juga tidak boleh sembarangan, harus istimewa. Pokoknya segala aspek di hotel bintang 5 ini menjadi perhatian. Makanya, sangat jarang sekali kita mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan jika menginap di hotel bintang 5, hampir semua hotel bintang 5 memberikan pelayanan yang memuaskan, yang sesuai dengan standardnya. Berbeda dengan hotel bintang 3 dan 4, terkadang spesifikasi kamar tidak sesuai dengan standardnya, kualitas makanan ada yang tidak diperhatikan, pelayanan karyawan yang terkadang ada yang acuh, ada yang cuek, ada yang sombong, tidak tanggap, dan lain lain.
Begitulah kurang lebih perbedaan-perbedaannya secara umum moms.. Sekedar informasi, bahwa sebenarnya tidak ada kriteria mutlak bagaimana hotel-hotel tersebut mendapatkan bintang 3, 4 atau 5. Bisa jadi standard bintang 3 di Indonesia berbeda dengan hotel bintang 3 di Singapura. Bisa jadi ada hotel bintang 3 yang tidak memiliki kolam renang atau fasilitas pendukung seperti yang kita ulas tadi, tetapi memiliki lokasi yang sangat strategis dan restoran yang khas.
Banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi rating dan harga masing-masing hotel. Mulai faktor lokasi, design interior, kualitas restoran, chef yang dimiliki, dan fasilitas pendukung lainnya yang tidak dimiliki antara 1 hotel dengan hotel yang lain.

Oleh karena itu, sering kita temukan hotel bintang 4 yang tarifnya lebih mahal dari standard harga hotel bintang 4 pada umumnya yang bahkan hampir sama dengan rate hotel bintang 5, bisa jadi karena lokasi hotel tersebut ada di lokasi yang bersebelahan dengan tempat wisata, berada di pegunungan yang menyuguhkan pemandangan indah, memiliki design interior yang indah nan unik, memiliki tempat rekreasi yang tidak dimiliki hotel lain, atau memiliki restoran yang terkenal dengan kualitas makanan dengan cita rasa tinggi. Setiap hotel menawarkan ciri khas atau layanan unggulan sendiri-sendiri, tidak ada patokan bahwa kalau tidak ada salah satu fasilitas standard maka standard bintangnya diturunkan, jadi kita yang harus pandai memilih penginapan yang pas dengan kebutuhan kita, tidak hanya dari level bintangnya, tetapi juga bisa dilihat dari review pengunjung yang sudah pernah menginap sebelumnya.

Pernah ga moms, menemukan penginapan dengan tag "guest house", tetapi pelayanan dan fasilitas memenuhi syarat umum sebagai hotel bintang2 ?lalu apa bedanya kalau begitu, guest house dengan hotel bintang 2? menurut saya sihh,ngga ada bedanya moms.. sama, hanya tag namanya saja yang berbeda. Yang saya tau, kalau guest house itu kebanyakan dikelola sendiri oleh pemilik, sedangkan hotel dikelola oleh perusahaan. Jadi moms ga usah kuatir atau gengsi yaa, sekarang sudah banyak guest house atau home stay yang fasilitasnya sudah seperti hotel bintang 3, ga kalah nyaman kok  :) Lain-lainnya sama. Jadi..sudahkah moms menentukan pilihan penginapan di liburan akhir tahun ini? 😍


🎉✨🎊     !!!! .........HO HO HO....HAPPY NEW YEAR 2019 MOMS..... !!!!!      🎊✨🎉

Comments